Petunjuk Praktikum Ujian Akhir Semester Ganjil 2025/2026 Mapel Pemrograman Mobile Kelas 12 RPL 1 & 12 RPL 2

 

Petunjuk Praktikum Ujian Akhir Semester Ganjil 2025/2026

Pemrograman Mobile (Dart & Flutter)

Oleh: Darsu

Mata Pelajaran: Pemrograman Mobile (Dart & Flutter)

Kelas: XII RPL 1 & 2

Guru: Darsu


Pendahuluan

Sebagai bagian dari proses pembelajaran yang berkelanjutan di kelas XII RPL 1 & 2, ujian praktik ini dirancang bukan hanya untuk menguji kemampuan teknis, tetapi juga untuk menggali kreativitas serta kedisiplinan dalam membangun sebuah produk digital. Setelah melalui beberapa pertemuan penuh tantangan, kini saatnya kalian menunjukkan kemampuan terbaik dalam bentuk sebuah mini project Flutter. Saya berharap praktikum ini menjadi pengalaman bermakna yang kelak bermanfaat di dunia kerja maupun project pribadi kalian.
Pada akhir Semester 1, peserta didik kelas XII RPL 1 & 2 melaksanakan Ujian Praktik Pemrograman Mobile menggunakan Dart & Flutter. Dalam ujian ini peserta didik diminta membangun mini project aplikasi transaksi kantin sekolah, sebuah pengembangan dari project yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya.

Aplikasi ini memberikan pengalaman langsung dalam memahami widget-widget Flutter, mengelola state, membuat alur transaksi, serta mengintegrasikan fitur pengiriman pesan otomatis ke WhatsApp.

Tujuan Praktikum

Praktikum ini bertujuan untuk:

  • Mengukur pemahaman struktur dasar project Flutter.

  • Melatih penggunaan widget-widget esensial.

  • Mengembangkan logika transaksi menu.

  • Mengimplementasikan state management sederhana.

  • Mengintegrasikan aplikasi dengan WhatsApp.

  • Melatih kemampuan peserta didik membuat dokumentasi berbentuk artikel ilmiah popular.


B. Spesifikasi Minimum Aplikasi

Aplikasi wajib memiliki fitur berikut:

1. Halaman Daftar Menu

  • Tampilkan daftar menu kantin (minimal 5 item).

  • Setiap item terdiri dari: nama, harga, dan gambar/icon.

  • Gunakan widget seperti: ListView, Card, Row, Column, atau sejenisnya.

2. Penentuan Jumlah Pembelian

  • Pada setiap item sediakan tombol untuk menambah/mengurangi jumlah.

  • Gunakan state management sederhana (setState).

  • Hitung subtotal tiap item.

3. Halaman Checkout

  • Menampilkan ringkasan pesanan: daftar item yang dibeli beserta jumlahnya.

  • Menghitung total pembayaran secara otomatis.

  • Sediakan tombol Kirim Pesanan ke WA.

  • Link WA otomatis mengirim format pesan seperti:

    Pesanan Kantin:
    - Nasi Goreng x2 = 20.000
    - Teh Es x1 = 5.000
    Total: 25.000
    

4. Integrasi WhatsApp

  • Gunakan link launcher standar: https://wa.me/62xxxxxxxxx?text=...

  • Nomor WA dapat disediakan bebas (simulasi pengiriman).

5. Desain Tampilan

  • Rapi dan mudah digunakan.

  • Memanfaatkan widget dasar Flutter secara benar.

  • Warna, padding, dan layout diperhatikan dengan baik.


C. Struktur Folder dan Kerapian Kode

Peserta didik wajib memperhatikan:

  • Penamaan variabel dan file yang konsisten.

  • Struktur folder minimal:

    lib/
      main.dart
      pages/
        home_page.dart
        checkout_page.dart
      models/
        menu.dart
      widgets/
        menu_card.dart (opsional)
    
  • Tidak ada kode yang tidak digunakan.

  • Komentar seperlunya.


D. Laporan Project (Artikel Blog)

Peserta didik menyusun laporan berbentuk artikel berisi:

  1. Judul artikel.

  2. Deskripsi aplikasi.

  3. Tujuan pembuatan aplikasi.

  4. Fitur-fitur aplikasi.

  5. Dokumentasi tampilan (screenshot aplikasi).

  6. Potongan kode penting (bukan seluruh kode).

  7. Kesimpulan.

Artikel dipublikasikan di blog masing-masing.

Pada akhir artikel, sertakan:

  • Link repository (jika ada)

  • Screenshot hasil pengujian


E. Pengumpulan Hasil Praktikum

  1. Publikasikan artikel di blog pribadi.

  2. Salin URL postingan artikel.

  3. Buka postingan Petunjuk Praktikum Ujian Akhir Semester di Blog Guru (Darsu).

  4. Paste link artikel pada kolom komentar postingan tersebut.

  5. Pastikan link dapat dibuka.


F. Kriteria Penilaian

Aspek Penilaian Bobot
Fungsionalitas aplikasi 30%
Kerapian UI/UX 20%
Pemahaman widget Flutter 20%
Integrasi WA 10%
Kerapian kode & struktur 10%
Laporan artikel blog 10%

G. Catatan Penting

  • Dilarang menyalin project teman kelas lain.

  • Boleh mengembangkan project latihan sebelumnya.

  • Jika ada error, dokumentasikan di artikel sebagai bagian dari proses.

  • Gunakan Flutter versi yang sudah stabil digunakan.


Penutup

Ujian praktik ini tidak hanya menjadi tolok ukur pemahaman teknis, tetapi juga menjadi kesempatan untuk mengekspresikan kemampuan problem solving dan kreativitas kalian. Kerjakan dengan jujur, rapi, dan penuh tanggung jawab.

Saya menantikan hasil karya terbaik kalian dan artikel yang informatif di blog masing-masing.

Selamat mengerjakan dan semoga sukses!


Darsu
Guru Produktif RPL
Mapel : Pemrograman Perangkat Bergerak

Share:

76 komentar:

  1. http://galuh-softwareone.blogspot.com/2025/08/jastip-jus-sehat-di-kantin-smkn-1.html

    BalasHapus
  2. https://alya-softwareone.blogspot.com/2025/12/aplikasi-mini-kantin-alya.html

    BalasHapus
  3. https://aryaaaafr.blogspot.com/2025/12/judul-pengembangan-aplikasi-pemesanan.html

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. https://ceritanyagifar.blogspot.com/2025/12/pengembangan-aplikasi-kantin-sederhana.html

    BalasHapus
  6. https://afrizalherlambangflutter.blogspot.com/2025/12/aplikasi-jastip-soteng-solusi-modern.html

    BalasHapus
  7. https://angel-stargons.blogspot.com/2025/12/lapaporan-projek-aplikasi-kantin-smkn-1.html

    BalasHapus
  8. https://simplyfikka.blogspot.com/2025/12/jastip-mie-kantin-aplikasi-flutter.html

    BalasHapus
  9. https://hyabil.blogspot.com/2025/12/aplikasi-transaksi-kantin-warmindo-smkn.html

    BalasHapus
  10. https://belajar-bersama-darsu.blogspot.com/2025/12/petunjuk-praktikum-ujian-akhir-semester.html
    Rizky Fauzi XII RPL 1

    BalasHapus
  11. https://kaka-softwareone.blogspot.com/2025/12/digitalisasi-kantin-sekolah.html

    BalasHapus
  12. https://valldyrepo.blogspot.com/2025/12/tes.html

    BalasHapus
  13. https://fikarepository.blogspot.com/2025/12/aplikasi-jastip-kantin-smkn-1-banjar.html

    BalasHapus
  14. https://daffarief.blogspot.com/2025/12/aplikasi-pemesanan-kantin-es-berbasis.html

    BalasHapus
  15. https://faiq-rectoverso.blogspot.com/2025/12/aplikasi-kantin-digital-solusi-modern.html

    BalasHapus
  16. https://haikal-rectoverso.blogspot.com/2025/12/warung-mie-instan-digita.html

    BalasHapus
  17. https://abhie-rectoverso.blogspot.com/2025/12/membangun-aplikasi-pemesanan-minuman.html

    BalasHapus
  18. https://dydaaaan.blogspot.com/2025/12/membangun-aplikasi-pemesanan-minuman.html

    BalasHapus
  19. https://zidanseptiana-softwareone.blogspot.com/2025/12/pesanan-online-kantin.html?m=1

    BalasHapus
  20. https://yoana-softwareone.blogspot.com/2025/12/membangun-aplikasi-transaksi-kantin.html

    BalasHapus
  21. https://blogathallahwafi.blogspot.com/2025/12/membangun-aplikasi-transaksi-kantin.html

    BalasHapus
  22. https://wirosoftwareone.blogspot.com/2025/12/pemrograman-aplikasi-mobile-aplikasi.html

    BalasHapus
  23. https://intan-softwareone.blogspot.com/2025/12/mini-kantin.html?m=1

    BalasHapus
  24. https://wirbanjar13.blogspot.com/2025/12/membangun-aplikasi-jastip-kantin.html

    BalasHapus
  25. https://akbrmsoftwareone.blogspot.com/2025/12/aplikasi-jasa-titip-kantin-solusi.html

    BalasHapus
  26. Nadhif Dzaki Abdillah
    XII RPL 1
    https://radianz-oppubg.blogspot.com/2025/12/aplikasi-jasa-titip-kantin-nadhif.html

    BalasHapus
  27. https://radikaganteng.blogspot.com/2025/09/pembuatan-aplikasi-sederhana-jastip.html

    BalasHapus
  28. https://vicky-rectoverso.blogspot.com/2025/12/project-flutter-vicky.html

    BalasHapus
  29. https://sandy-softwareone.blogspot.com/2025/12/aplikasi-jasa-titip-mochi-berbasis-web.html

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. https://faridalmunawwar2.blogspot.com/2025/12/aplikasi-pemesanan-makanan-kantin.html

    FARID AL MUNAWWAR XII RPL 2

    BalasHapus
  32. https://zildanabror.blogspot.com/2025/12/rancang-bangun-aplikasi-pemesanan.html

    BalasHapus
  33. https://zullulrepo.blogspot.com/2025/12/membangun-aplikasi-transaksi-kantin.html

    Zullul Ardan Rafayanto XII RPL 2

    BalasHapus
  34. https://alpip229.blogspot.com/2025/12/aplikasi-justip-kantin-alpi.html


    alpi purnama XII RPL 2

    BalasHapus
  35. https://sani-rectoverso.blogspot.com/2025/12/jastip-makanan-kantin-aplikasi-digital_11.html

    MOCHAMMAD RIFQI TSANI

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. https://nabil-softwareone.blogspot.com/2025/12/tugas-ujian-prakter-pemograman-mobile.html


    Muhamad Fauzan Nabil

    BalasHapus
  38. https://deliarectoverso.blogspot.com/2025/12/kantin-sekolah-modern.htm

    Delia sekar arum XII RPL 2

    BalasHapus

  39. Robi Permana Alamsyah XII RPL 1
    https://robipermana1313.blogspot.com/2025/12/laporan-project-aplikasi-jastip-kantin.html

    BalasHapus
  40. https://akbar-rectoverso.blogspot.com/2025/12/jastipkantin-solusi-pesan-minuman.html

    AKBAR AL FADILLAH XII RPL2

    BalasHapus
  41. https://tugaspmobile.blogspot.com/2025/12/kantin-delicious-aplikasi-pemesanan.html

    BalasHapus
  42. https://naufal-rectoverso.blogspot.com/2025/12/aplikasi-warung-pop-ice-smkn-1-banjar.html

    Naufal nurul fajar XII RPL 2

    BalasHapus
  43. https://jimstars.blogspot.com/2025/12/kantin-jimi.html

    BalasHapus
  44. https://unyun04.blogspot.com/2025/12/warung-gorengan-sendi.html

    SENDI FEBRIANSYAH XII RPL2

    BalasHapus
  45. https://erginkustiana.blogspot.com/2025/12/projek-dart-flutter-aplikasi-kantin.html

    ERGIN KUSTIANA

    BalasHapus
  46. https://aldisipalingtampan.blogspot.com/2025/12/kantin-mie.html

    aldi alfan febrian

    BalasHapus
  47. https://gian-rectoverso2.blogspot.com/2025/12/jastip-kantin.html


    gian

    BalasHapus
  48. https://regasoftware.blogspot.com/2025/12/pengembangan-aplikasi-pemesanan-makanan.html

    Rega nur sidiq

    BalasHapus
  49. https://pancaaa27.blogspot.com/2025/12/panca-ferdian-pamungkas.html

    panca ferdian pamungkas XII RPL 1

    BalasHapus
  50. https://dede-pplg1.blogspot.com/2025/12/tugas-ujian-praktek-pemograman-mobile.html

    DEDE SUPRIATNA
    XII RPL 1

    BalasHapus
  51. https://jihadirfansyah.blogspot.com/2025/12/aplikasi-kantin.html

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  53. https://kesya-rectoverso.blogspot.com/2025/12/aplikasi-pemesanan-makanan-kantin.html

    KESYA ARFATUN SAFANAH XII RPL 2

    BalasHapus
  54. https://farhandukunsoftware.blogspot.com/2025/12/ceket-shop-aplikasi-pemesanan-kantin.html

    BalasHapus
  55. https://keisya-softwareonegirls.blogspot.com/2025/12/digitalisasi-kantin-sekolah.html

    Keisya Shaori XII RPL 1

    BalasHapus
  56. https://ayu-rectoverso.blogspot.com/2025/12/aplikasi-jastip-es-segar.html

    Ayu Hartini XII RPL 2

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. https://sela-rectoverso.blogspot.com/2025/12/aplikasi-kantin-sekolah-digital-mini.html

    Sela Salafiah XII RPL 2

    BalasHapus
  59. https://irsyalfathulmubarok.blogspot.com/2025/12/aplikasi-jastip-kantin-sekolah-berbasis.html

    BalasHapus

Blogger Tricks

Blogger Themes