CP & ATP - Fase E - Mata Pelajaran Informatika

CP & ATP - Fase E - Mata Pelajaran Informatika

Rumusan CP

Capaian Umum

Pada akhir fase E, peserta didik peserta didik mampu memahami peran sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna, menerapkan keamanan dalam penyambungan perangkat ke jaringan lokal dan internet, mengumpulkan dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber baik secara manual atau otomatis dengan perkakas yang sesuai, memahami fitur lanjut, otomasi, serta integrasi aplikasi perkantoran, menerapkan strategi algoritmik standar untuk mengembangkan program komputer yang terstruktur dalam bahasa pemrograman prosedural tekstual sebagai solusi atas persoalan berbagai bidang yang mengandung data diskrit bervolume tidak kecil, bergotong royong untuk menyelesaikan suatu persoalan kompleks dengan mengembangkan (merancang, mengimplementasi, memperbaiki, menguji) artefak komputasional yang bersentuhan dengan bidang lain sesuai kaidah proses rekayasa, serta mengomunikasikan rancangan produk, produk, dan prosesnya secara lisan dan tertulis, memahami sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, memahami hak kekayaan intelektual, lisensi, aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dari produk TIK, mengenal berbagai bidang studi dan profesi terkait Informatika serta peran Informatika pada bidang lain.

Capaian per Elemen

BK (Berpikir komputasional)
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan strategi algoritmik standar untuk menghasilkan beberapa solusi persoalan dengan data diskrit bervolume tidak kecil pada kehidupan sehari-hari maupun implementasinya dalam program komputer.

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari sumber data yang akan diolah menjadi informasi, baik di dunia nyata maupun di internet, serta mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasi dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi konten tersebut.

SK (Sistem Komputer)
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami peran sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna.

JKI (Jaringan Komputer dan Internet)
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan konektivitas jaringan lokal, komunikasi data via ponsel, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), enkripsi untuk memproteksi data pada saat melakukan penyambungan perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang tersedia.

AD (Analisis Data)
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami aspek privasi dan keamanan data, mengumpulkan data secara otomatis dari berbagai sumber data, memodelkan data berbagai bidang, menerapkan siklus pengolahan data (pengumpulan, pengolahan, visualisasi, analisis, interpretasi, dan publikasi) dengan menggunakan perkakas TIK yang sesuai, serta menerapkan strategi pengelolaan data yang tepat guna dengan mempertimbangkan volume dan kompleksitasnya.

AP (Algoritma dan Pemrograman)
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan praktik baik konsep pemrograman prosedural dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural dan mampu mengembangkan program yang terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi lain, berdasarkan strategi algoritmik yang tepat.

DSI (Dampak Sosial Informatika)
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, memahami hak kekayaan intelektual, lisensi, aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dari produk TIK, memahami berbagai bidang studi dan profesi bidang Informatika serta peran Informatika pada bidang lain

PLB (Praktik Lintas Bidang)
Pada akhir fase E, peserta didik mampu bergotong royong dalam tim inklusif untuk mengerjakan projek bertema Informatika dengan mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan program komputer didasari strategi algoritma yang sesuai sebagai solusi persoalan masyarakat serta  mengomunikasikan produk, proses pengembangan dan manfaatnya bagi masyarakat secara lisan maupun tertulis.

Jika Anda mengajar mata pelajaran Informatika di SMK jurusan Pemasaran, maka materi perlu dikontekstualisasikan agar relevan dengan dunia pemasaran, namun tetap mengacu pada capaian elemen Fase E.

Berikut adalah rekomendasi urutan materi dan relevansi isi tiap elemen yang disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks siswa SMK Pemasaran:


URUTAN MATERI & RELEVANSI DENGAN KOMPETENSI JURUSAN PEMASARAN SMK

1. Pengenalan Informatika & Profesi Digital Marketing

(DSI – Dampak Sosial Informatika)

  • Sejarah komputer dan tokoh-tokohnya.

  • Peran informatika dalam dunia pemasaran (digital marketing, e-commerce).

  • Pengenalan profesi: digital marketer, content creator, data analyst.

💡 Relevansi: Membuka wawasan tentang pentingnya teknologi dalam kegiatan pemasaran modern.


2. Etika Digital dan Hak Kekayaan Intelektual

(DSI – Dampak Sosial Informatika)

  • Lisensi konten digital (gambar, musik, teks, video).

  • Etika berinternet dan komunikasi online.

  • Perlindungan data konsumen dalam bisnis online.

💡 Relevansi: Mempersiapkan siswa memahami etika dalam membuat konten promosi dan penggunaan aset digital secara legal.


3. Pemanfaatan Aplikasi Perkantoran Lanjut dan Otomasi

(TIK – Teknologi Informasi dan Komunikasi)

  • Pengolahan data pelanggan dan transaksi dengan Excel (pivot, filter, rumus).

  • Pembuatan surat penawaran otomatis dengan Mail Merge.

  • Presentasi produk dengan PowerPoint atau Google Slides.

💡 Relevansi: Sangat dibutuhkan dalam membuat laporan penjualan, katalog produk, surat menyurat promosi.


4. Pengumpulan dan Analisis Data Pemasaran

(AD – Analisis Data)

  • Mengumpulkan data pelanggan atau harga pasar dari internet (scraping ringan/manual).

  • Visualisasi data penjualan (chart, dashboard Excel).

  • Interpretasi data penjualan bulanan/harian.

  • Mengenal Google Trends, Google Form untuk survey.

💡 Relevansi: Mengajarkan siswa membaca tren pasar dan mengolah data penjualan.


5. Sistem Operasi dan Mekanisme Kerja Komputer

(SK – Sistem Komputer)

  • Fungsi sistem operasi dalam komputer kerja toko atau digital marketing.

  • Manajemen file, aplikasi, penyimpanan, dan perangkat keras.

  • Simulasi kerja sistem OS (Windows, Linux dasar).

💡 Relevansi: Memahami perangkat kerja utama dalam promosi digital.


6. Keamanan Jaringan dan Konektivitas Internet

(JKI – Jaringan Komputer dan Internet)

  • Cara kerja Wi-Fi, Bluetooth, dan koneksi hotspot.

  • Menjaga keamanan koneksi publik saat bekerja online.

  • Mengatur perangkat toko (printer, barcode scanner) dalam jaringan lokal.

💡 Relevansi: Keamanan dalam transaksi online dan komunikasi antar perangkat toko.


7. Berpikir Komputasional untuk Masalah Bisnis

(BK – Berpikir Komputasional)

  • Menyusun alur promosi produk: dari perencanaan sampai publikasi.

  • Algoritma sederhana untuk promosi diskon, pemesanan, atau stok.

  • Flowchart logika proses bisnis pemasaran.

💡 Relevansi: Melatih logika berpikir sistematis dalam kampanye penjualan atau manajemen stok.


8. Algoritma dan Pemrograman Sederhana untuk Otomasi

(AP – Algoritma dan Pemrograman)

  • Pengenalan coding dengan Python atau Scratch sederhana.

  • Membuat program input data pelanggan dan hitung diskon otomatis.

  • Simulasi sistem kasir sederhana (harga, jumlah, total, diskon).

💡 Relevansi: Otomasi kegiatan promosi atau transaksi sederhana.


9. Proyek Lintas Bidang: Simulasi Bisnis Digital

(PLB – Praktik Lintas Bidang)
(Gabungan semua elemen)

  • Siswa membuat proyek digital marketing sederhana:

    • Desain katalog digital.

    • Survei minat pelanggan.

    • Kampanye iklan fiktif di media sosial.

    • Presentasi laporan hasil kampanye dan data.

💡 Relevansi: Proyek akhir yang menggabungkan pemahaman TIK dan pemasaran nyata.


Jika alur 10 minggu rencana  akan dirancang untuk 2 semester (± 36 minggu per tahun ajaran SMK), maka perlu dilakukan perluasan, pendalaman, dan pengayaan materi agar pembelajaran lebih terstruktur, mendalam, dan aplikatif. Berikut adalah rencana pertemuan 2 semester (ganjil dan genap) berbasis capaian elemen Fase E dan jurusan Pemasaran.

📘 RENCANA PEMBELAJARAN 2 SEMESTER

Mata Pelajaran: Informatika
Kelas: X SMK Jurusan Pemasaran
Durasi: 36 Minggu (18 minggu per semester)


📗 Semester Ganjil (Pertemuan 1–18)

Fokus: Dasar Informatika dan TIK dalam Konteks Pemasaran

MingguMateriElemenCatatan
1Pengenalan Informatika & Dunia Pemasaran DigitalDSIKontekstualisasi awal, pengenalan profesi
2Sejarah Komputer dan Tokoh-TokohnyaDSITugas presentasi individu
3Etika Digital dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)DSIStudi kasus dan poster edukasi
4Pengenalan aplikasi pengolah kataTIKPraktik membuat dokumen surat penawaran
5Aplikasi pengolah angka (Dasar Excel)TIKInput dan perhitungan data penjualan
6Aplikasi presentasi (PowerPoint/Canva)TIKPromosi produk digital
7Fitur Lanjut Excel (Sort, Filter, Rumus)TIKPraktik simulasi transaksi toko
8Otomasi: Mail Merge untuk surat penawaranTIKIntegrasi Word-Excel
9LKPD & Penilaian Tengah SemesterTIKUji pemahaman dasar TIK
10Konsep Dasar Sistem OperasiSKWindows & Linux ringan
11Praktik Sistem Operasi: Manajemen FileSKLatihan folder promosi
12Pengenalan Perangkat Keras Kerja TokoSKDiskusi dan identifikasi perangkat
13Pengenalan Jaringan KomputerJKIJenis jaringan, topologi, perangkat
14Koneksi Internet dan Mobile HotspotJKIPraktik berbagi koneksi
15Keamanan Jaringan: Wi-Fi, PasswordJKIEdukasi enkripsi dan ancaman
16Praktik: Koneksi dan Proteksi JaringanJKIPraktik sharing & firewall
17Refleksi & Review Semester GanjilSemuaDiskusi lintas topik
18Penilaian Akhir SemesterSemuaTes tertulis + tugas presentasi

📘 Semester Genap (Pertemuan 19–36)

Fokus: Analisis Data, Algoritma, Pemrograman, dan Proyek Lintas Bidang

MingguMateriElemenCatatan
19Pengantar Data Digital dan KonsumenADMengenal tipe data pemasaran
20Teknik Pengumpulan Data Online (Google Form)ADPraktik survei online
21Visualisasi Data Penjualan (Grafik Excel)ADPie chart, column chart, dashboard
22Interpretasi Data dan Tren PasarADStudi kasus minat konsumen
23Berpikir Komputasional dalam Proses BisnisBKLatihan logika algoritmik promosi
24Flowchart Proses Promosi atau TransaksiBKLatihan diagram alur bisnis
25Pengenalan Pemrograman Prosedural (Scratch / Python Dasar)APPseudocode dan variabel dasar
26Struktur Kontrol (Percabangan dan Perulangan)APSimulasi logika diskon
27Praktik Pemrograman: Kalkulator DiskonAPProgram input nama barang dan harga
28Input Data Penjualan & Cetak Struk SederhanaAPMenyusun aplikasi mini kasir
29Praktik Pengujian & DebuggingAPIdentifikasi kesalahan logika
30Persiapan Proyek Akhir: PerencanaanPLBIde proyek promosi digital
31Proyek: Desain Konten & Visualisasi DataPLBKonten kampanye dan analisis data
32Proyek: Otomasi Dokumen & Alur KerjaPLBIntegrasi form, data, dan mail merge
33Proyek: Pembuatan Program SederhanaPLBOtomasi kalkulasi & laporan
34Finalisasi dan Latihan PresentasiPLBRehearsal & peer review
35Presentasi Proyek AkhirPLBTim presentasi produk digital
36Penilaian Akhir SemesterSemuaRefleksi + evaluasi kinerja siswa

✨ Catatan Tambahan:

  • Proyek Akhir Semester Genap akan berupa:
    "Kampanye Digital Produk Lokal", mencakup desain promosi, data survei, program mini diskon, laporan otomatis, dan presentasi publik.

  • Menggunakan tools yang mudah diakses seperti:
    Microsoft Office / Google Workspace, Canva, Python (online IDE seperti Replit), Scratch, dan Google Form.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Tricks

Blogger Themes